Di artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan secara komprehensif tentang Tahapan Memulai Penelitian untuk Mahasiswa Galau. Tahapan dimulai dari penentuan bidang dan topik penelitian, kita kemudian melakukan studi literatur untuk menemukan masalah penelitian dan usaha yang telah dilakukan para peneliti lain untuk memecahkan masalah penelitian tersebut. Nah, bagi yang menganggap bahwa Tahapan Memulai Penelitian untuk Mahasiswa Galau ini terlalu lama kalau diikuti, padahal waktu kita terbatas. Ada cara yang mungkin lebih efisien yaitu dengan konsentrasi ke satu metode atau algoritma, lengkapnya mungkin tahapan di bawah ini bisa diikuti:

1. Pilih satu metode atau algoritma yg menarik

Dari seluruh mata kuliah yang kita ikuti di level s1 atau s2, pasti bermunculan berbagai algoritma, misalnya di bidang machine learning ada nn, svm, k-nn, nb, dsb. Yang tertarik di bio-inspired algorithm,  ada genetic algorithm, ant colony algorithm, bee colony algorithm, particle swarm optimization, dsb. Tidak perlu dulu pikirkan bidang atau topik, yang penting kita tertarik di suatu algoritma dan ingin research tentang itu. Nanti bidang dan topik bisa kita tentukan dari obyek penelitian paper-paper journal yang kita jadikan rujukan utama.

2. Cari paper-paper journal yang melakukan perbaikan metode

Pada paper-paper itu pasti menampilkan masalah dari algoritma yg membuat dia memutuskan untuk memperbaikinya. Teknik mencari paper journal bisa dengan fasilitas advanced search dan pilih pencarian hanya untuk title dari paper. Masukan nama algoritma yang kita pilih di keyword pencarian. Misalnya kita putuskan bahwa kita tertarik untuk melakukan research tentang genetic algorithm. Misalnya bila kita melakukan pencarian di sciencedirect.com, maka pilih advanced search dan masukan keyword “genetic algorithm” hanya untuk judul.

6.1.jpg

Hasil pencarian akan seperti di bawah. Lihat bahwa paper-paper penelitian tentang genetic algorithm, tidak hanya memanfaatkannya saja untuk suatu keperluan, tapi juga melakukan improvement (perbaikan) dari banyak sisi genetic algorithm, tergantung masalah penelitian yang dibidik.

6.2.jpg

Referensi paper journal biasanya dibatasi 5 tahun terakhir, supaya kita bisa mendapatkan “state-of-the-art problems” (masalah penelitian mutakhir) dan “state-of-the-art methods” (metode mutakhir untuk memecahkan masalah penelitian tersebut). Referensi paper juga biasanya dibatasi untuk journal yang terindeks ISI atau SCOPUS, supaya kita bisa yakin bahwa masalah penelitian yang kita pilih adalah memang shahih, dan metode-metode yang diusulkan di paper-paper journal tersebut juga bisa dipercaya kebenarannya. Ingat ada anekdot dalam penelitian yang mengatakan bahwa

90% paper ilmiah di dunia ini adalah buruk, dan hanya 10% saja yang benar-benar bisa dipercaya

3.Tentukan masalah penelitian kita

Download semua paper yang kita temukan (lihat contoh di atas), masukkan pdf paper ke aplikasi Mendeley yang sudah kita install, supaya bisa kita manage dengan mudah. Pahami apa yang diangkat menjadi masalah penelitian di paper-paper tersebut. Apabila ada yang kesulitan menentukan apa itu masalah penelitian, silakan baca kembali dua artikel saya yang memberi contoh apa itu masalah penelitian: Kiat Menyusun Alur Latar Belakang Masalah Penelitian dan Tahapan Memulai Penelitian untuk Mahasiswa Galau. Langkah berikutnya adalah, pilih satu atau dua masalah yang kira-kira menarik bagi kita dan banyak dibahas oleh para peneliti, dan jadikan itu sebagai masalah penelitian kita. Jangan lupa rangkumkan paper-paper yang mengangkat masalah yg sama (ini bisa jadi related research).

4. Pelajari dan pahami algoritma yang kita pilih

Usahakan bisa menguasai dengan baik penghitungan manual dari algoritma tersebut. Dan coba dengan mengambil satu atau dua studi kasus, supaya pemahaman kita sempurna. Cek lagi apakah masalah penelitian yang kita pilih di tahapan 3 itu fenomenanya benar-benar terjadi secara nyata ketika kita menjalan algoritma tersebut untuk suatu studi kasus. Bila gagal memahami formula dari algoritma, googling untuk menemukan source code dari algoritma yang kita jadikan topik penelitian. Contoh, gunakan keyword berikut di google: “genetic algorithm java code”, bila kita memang familier dengan Java. Pilih source code yang paling mudah dipahami dan belum banyak dimasukkan “aksesoris” di code tersebut.

6.3.jpg

5. Pikirkan ide dan solusi kita untuk menyelesaikan masalah itu (proposed method)

Ini dia yang paling sulit dari penelitian kita. Dan inilah yang disebut dengan method improvement itu. Kontribusi keilmuwan kita ditentukan dari metode yang kita usulkan dalam perbaikan metode. Ide perbaikan metode ini bisa saja terinspirasi dari cara yang dilakukan peneliti lain (dari hasil langkah2), tetapi dengan alur yang berbeda, dengan menambahkan suatu proses, dengan menambahkan suatu koefisien, atau bisa saja dengan menggabungkan berapa metode yang diusulkan oleh peneliti lain. Perbaikan metode dan kontribusi pengetahuan sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul Kontribusi Penelitian dan Perbaikan Metode. Silakan dipilih apakah memutuskan untuk memiliki orisinalitas di masalah atau di metode (Dawson, 2009).

Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah semangat dan memperlancar otak, supaya penelitian untuk skripsi, tesis atau disertasi kita tidak terhenti di tengah jalan 🙂 Jangan lupa untuk mendownload materi kuliah saya khususnya Research Methodology, supaya pemahaman lebih komprehensif.

Tetap dalam perdjoeangan!

Iklan